Search This Blog

Saturday, June 20, 2020

Menghitung Jumlah Hari Kerja dengan Ms.Excel

Bagaimana menghitung jumlah hari kerja efektif yang dimulai dan diakhiri tanggal tertentu? Untuk menjawab pertanyaan tersebut kita bisa menyelesaikannya dengan bantuan rumus excel yang sangat singkat dan sederhana. Jika anda bekerja di bagian penggajian atau sejenisnya dan bertugas membayarkan gaji para pegawai yang dihitung berdasarkan jumlah hari masuk kerja para pegawai, maka anda perlu membaca tutorial kelas excel kali ini.

Hari kerja efektif merupakan jumlah hari kerja dalam rentang tanggal tertentu dengan mengabaikan akhir pekan dan atau hari dimana para pegawai tidak masuk kerja misalnya karena cuti, ijin atau libur nasional.

Pada microsoft excel kita bisa menghitung jumlah hari kerja efektif ini dengan fungsi atau rumus NETWORKDAYS, Yakni sebuah fungsi excel dalam kategori date and time yang digunakan untuk menghitung jumlah hari di antara dua tanggal selain akhir pekan dan tanggal-tanggal tertentu yang ditentukan sebagai hari libur atau bukan hari kerja.



Start_Days : diisi dengan tanggal mulai kerja yang akan dihitung.
End_Days   : diisi dengan tanggal selesai kerja yang akan dihitung.
[Holidays]  :merupakan range data atau konstanta array yang berisi nilai tanggal yang menunjukkan nomor seri tanggal yang akan dikecualikan dari hari kerja efektif. Argument ini bersifat opsional jadi boleh dikosongkan jika memang tidak ada tanggal-tanggal libur kerja yang akan diabaikan.
Contoh Penggunaan Rumus:

Download Holidays 2020 (Hari Sabtu, Minggu, Libur dan Cuti Bersama)